Jangan Ngandelin Keberuntungan, Lakukan Hal Ini Kalau Mau Kaya!

Menjadi orang yang sukses dan kaya adalah impian bagi banyak orang. Namun pada kenyataannya, hanya segelintir orang saja yang mampu mewujudkan mimpi tersebut.

Bukan hanya karena dewi fortuna belum berpihak. Namun bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurang bekerja keras, cenderung meiliki sifat malas, mudah menyerah, tidak punya koneksi, hanya mengandalkan gaji, atau karena faktor lainnya.

Jika Anda ingin kaya raya, maka sebaiknya memiliki enam hal berikut ini. Poin-poin di bawah ini merupakan hal yang biasa dilakukan oleh para miliarder yang bisa Anda tiru langkahnya.

Jangan Ngandelin Keberuntungan, Lakukan Hal Ini Kalau Mau Kaya

1. Selalu Memiliki Rencana

Orang yang sukses, tidak begitu semudah yang dibayangkan untuk mendapatkan kekayaannya. Mereka harus melalui proses panjang untuk dapat mendulang harta yang berlimpah. Tentunya proses tersebut juga harus sudah direncanakan dengan baik.

Mereka 'mendesain hidupnya' dengan suatu perencanaan besar. Baik rencana jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Misalnya, hari ini akan mengerjakan kegiatan apa, siapa yang akan ditemui, target apa saja yang harus dicapai.

Hal ini dapat dimulai dari hal-hal kecil maupun hal yang besar. Membuat perencanaan merupakan salah satu kebiasaan orang kaya. Namun tidak hanya sekadar rencana. Mereka yang sukses, juga berani untuk bertindak, mengambil segala risiko untuk mencapai target yang sudah ditetapkan.

2. Membuat Keputusan Yang Tegas

Orang yang sukses dan kaya tahu betul terhadap apa yang dibutuhkan. Kemudian mengambil keputusan tegas untuk dapat menjalankan usaha tersebut sesuai dengan rencana.

Tanpa ada ketegasan, tentu mereka akan lembek. Mudah terpengaruh oleh hasutan dari sana sini, sehingga dapat menggoyahkan niat dan tekad mereka untuk menjadi kaya. Mereka tidak plin plan atau ragu pada keputusan yang diambil.

3. Berinvestasi Dengan Bijak

Orang kaya pasti tahu cara untuk menempatkan uang. Mereka tidak akan membiarkan uang diam di satu tempat tanpa menghasilkan suatu apapun.

Uang tersebut pasti akan diputar, yaitu dengan cara berinvestasi. Investasi adalah salah satu cara paling tepat untuk menggandakan uang. Membuat uang jadi beranak pinak, dengan hasil atau keuntungan yang besar. Bukan hanya satu atau dua persen saja per tahun.

Mestinya uang harus menghasilkan lebih banyak untung, meskipun dalam prosesnya terdapat resiko rugi atau gagal. Namun jika ingin mendapatkan untung besar, maka berinvestasilah pada portofolio yang memiliki resiko yang tinggi.

Orang kaya juga berani berinvestasi menggunakan modal besar dan dalam jangka waktu yang panjang. Hal tersebut dilakukan agar hasilnya jadi maksimal.

4. Memiliki Banyak Sumber Penghasilan

Selain investasi, orang kaya juga punya banyak sumber penghasilan. Misalnya dari bisnis, aset dan lainnya. Jika Anda mau kaya, diupayakan agar jangan hanya mengandalkan dari gaji bulanan saja.

Cari usaha lain yang menguntungkan. Contohnya membangun bisnis kecil, kerja tambahan, menyewakan aset yang dimiliki untuk dapat mengantongi penghasilan pasif, dan sebagainya.

Dengan demikian, Anda bisa menghasilkan banyak uang dari beberapa sumber penghasilan yang dijalankan. Memiliki banyak sumber pendapatan juga bisa meminimalisir risiko, bila salah satu sumber ada yang mandek, maka Anda tidak terlalu merugi.

5. Berkumpul Dengan Orang Sukses

Mau kaya raya, maka bergaullah dengan orang-orang yang lebih dulu sukses. Atau bisa juga menjadikan orang-orang sukses tersebut sebagai mentor Anda. Gali dan resapi ilmunya, kemudian praktikkan.

Sukses itu seperti 'virus menular'. Jika banyak berkumpul dan bergaul dengan orang kaya, maka sangat besar peluangnya Anda bisa mengikuti jejak mereka.

6. Banyak Membaca

Agar dapat menggapai kesuksesan, banyak sekali yang perlu Anda pelajari. Anda bisa memperoleh semua itu dengan rajin membaca buku. Apalagi jika hal itu dijadikan sebagai hobi Anda sehari-hari.

Membaca bukan hanya dapat menambah pengetahuan dan wawasan, namun dapat juga mendukung proses pengembangan diri yang akan berpengaruh pada pribadi Anda.

Bacalah buku mengenai kisah orang-orang sukses, tips dan trik investasi, membangun bisnis kecil-kecilan, atau bahkan buku lain yang mengedukasi sehingga dapat membuat Anda terinspirasi dan termotivasi.

Adakah Semua Hal Itu Dalam Diri Anda?

Cobalah mengevaluasi diri. Apakah poin-poin tersebut di atas sudah ada dalam diri Anda? Jika ada indikasi memiliki sifat, sikap, dan karakter di atas, maka Anda berpotensi besar menjadi orang sukses dan kaya.

Namun jika belum, bagian mana yang perlu dibenahi? Apakah semuanya atau hanya sebagian saja? Tidak ada kata terlambat untuk melakukan perbaikan diri. Bahkan lebih baik terlambat, dari pada tidak sama sekali.

Anda bisa terus mengasah dan mengembangkan potensi diri, memperbanyak relasi, jaringan atau koneksi, bekerja cerdas, belajar berinvestasi, memperbanyak membaca buku, atau upaya lainnya.

Yakinlah, bisikkan pada diri Anda bahwa tidak ada usaha yang sia-sia. Semua orang memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk sukses dan kaya. Tinggal bagaimana dengan Anda, mau atau tidak menjadi orang kaya. Selamat mencoba!
Manfie Edogawa

Orang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tapi orang yang istiqomah dalam meningkatkan ketakwaannya kepada Allah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama